MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA DAN KREATIVITAS SISWA KELAS III SDN 01 SURUH SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Siti Chotijah, S.Pd.
Sekolah Dasar Negeri 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar
email: chotijah678@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman membaca dan kreativitas siswa kelas III SDN 01 Suruh semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan strategi MERIMBA dengan BATERRISA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Taggart dua siklus, yaitu perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi dengan subyek 23 siswa. Setiap siklus dilaksanakan tidakan tiga kali pertemuan. Teknik analisis mendeskripsikan hasil pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tampak pada siswa tuntas dalam pembelajaran pratindakan 57%, pada siklus I sebesar 83%, dan pada siklus II sebesar 96%. Peningkatan ketuntasan sebesar 26% pada siklus I dan 39% pada siklus II. Nilai  rata-rata kelas pratindakan 65,5 pada siklus I menjadi 77, dan pada siklus II menjadi 86. Nilai terendah dan nilai tertinggi pratindakan 45 dan 90, pada siklus I adalah  50 dan 90 dan pada siklus II adalah 60 dan 100. Disarankan menggunakan strategi MERIMBA dengan BATERRISA dalam pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pemahaman membaca karena dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam hal memprediksi, memahami kosakata dan tandabaca, memahami isi bacaan, dan terampil dalam merangkum.



Kata Kunci : strategi pembelajaran MERIMBA dengan BATERRISA, kreatifitas,   keterampilan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGEMBANGKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK DI KELAS ( BAGIAN 1 )